Layanan Pengaduan Online (LAPOR HIS)

Kamis, 21 November 2019, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Kutai Barat melakukan kunjungan kerja ke RSUD. Harapan Insan Sendawar dengan agenda audiensi terkait pelayanan di RSUD HARAPAN INSAN SENDAWAR. Kunjungan kerja ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III yakni Bapak Yansel dengan didampingi oleh anggota diantaranya Drs. Y. Marthan dan H. Suharna atau yang sering di panggil “Bang Roma”.

Kunjungan tersebut di sambut langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Pelik Pardilus, S. Kom, Msi yang mewakili direktur dr. Akbar, Msi yang kebetulan tidak ada di tempat dengan didampingi oleh semua kepala bidang dan pejabat struktural lainnya. Sebelum acara pertemuan dimulai, terlebih dahulu dilakukan safety Briefing, yang merupakan bagian standar keselamatan kerja dari pelayanan di RSUD. Harapan Insan Sendawar.

Selanjutnya paparan dari Kepala Bagian Tata Usaha tentang gambaran umum keadaan atau kondisi RSUD. Harapan Insan Sendawar saat ini, termasuk perencanaan kebutuhan tahun 2020. Pihak RSUD. Harapan Insan Sendawar menyambut dengan baik kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Kutai Barat ini karna bisa mendapat informasi yang langsung dari sumbernya serta dapat melihat lebih dekat keadaan atau kondisi RSUD. Harapan Insan Sendawar.

Ketua Komisi III memahami kondisi dan kebutuhan RSUD. Harapan Insan Sendawar tetapi diatas semua itu ada hal yang beliau minta  yaitu “Saya minta dari tukang taman sampai dengan pihak manajemen untuk mudah senyum”. Menangapi permintan tersebut Kabag Bagian Tata Usaha menyampaikan bahwa “Senyum adalah hal paling mudah dan  tidak perlu biaya tetapi pada kenyataanya teteapi terkadang juga susuah untuk dilakukan”. Dan “Senyum” ini tetap diusahakan dibudayakan dalam pelayanan di RSUD. Harapan Insan Sendawar

Selanjutnaya dari Anggota Komisi III Bapak Drs. Y. Marthan, MM menyampaikan harapannya terkait dengan adanya keluahan – keluhan masyarakat terhadap pelayanan di RSUD. Harapan Insan Sendawar, Keluhan- Keluhan masyarakat diantaranya yaitu :

  • Durasi waktu Pelayanan yang lama

  • Kebersihan

  • Air Sering Macet / Tidak ada Air

  • Ruangan panas, Ac tidak berfungsi dengan baik

  • Masalah Keuangan

Mengangapi adanya keluhan – keluhan dari masyarakat, terkait dengan durasi pelayanan dari sisi regulasi RSUD. Harapan Insan Sendawar harus sudah mempunyai SOP. masalah yang sering timbul karena masih kurangnya komunikasi petugas kepada pasien dan keluarga pasien. Pasien yang sudah diberi tindakan harus di Observasi dulu untuk melihat kondisi perkembangan Pasien. Waktu tunggu observasi ini memakan waktu, sehingga seolah-olah tidak dilayani. Disinlah bisa timbul masalah.

Pihak manajemen RSUD. Harapan Insan Sendawar dan komite terkait sudah melukan upaya – upaya diantaranya melakukan orientasi bagi pegawai baru dan selalu mengingatkan tentang pentingnya komunikasi terhadap pasien dan keluarga pasien serta melakukan telusur ke ruangan – ruangan. Petugas kesehatan sebelum melakukan tindakan mempunyai kewajiban menyampaikan identias diri atau memperkenalkan diri kepada pasien, dan apa tidakan yang akan dilakukan.

Lebih lanjut di sampaikan terkait dengan kebersihan memang dapat dikatakan masih kurang bersih, tetapi  hal ini tidak berlangusng lama karena  tidak lama petugas datang untuk membersihkan. Untuk diketauhi oleh masyarakat bahwa kentuan terbaru, pasien dan keluarga pasien yang datang ke RSUD. Harapan Insan Sendawar, dan yang masuk keruangan termasuk ruang rawat inap harus memakai alas kaki baik sepatu ataupun sandal hal ini menyebabkan lantai cepat kotor walaupun sudah dibersihkan. Ketentuan terbaru ini menjadi Standar Rumah Sakit saat ini dengan maksud untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri melalui lantai.

Tekait air yang sering macet dan AC ruangn yg kurang berfungsi dengan baik yang menjadi keluahan masuarakat akan menjadi perhatian bagi manajemen RSUD.Harapan Insan Sendawar untuk memberi perlayanan yang lebih baik kedepan.

 



Kembali





Contact Info

Jln Mawar , Desa Sekolaq Joleq, Kec. Sekolaq Darat, Kutai Barat, Kalimantan Timur

hismail@kutaibaratkab.go.id

0811 5415159



Flag Counter

Peta

© 2018, Allright reserved. RSUD. HIS |
My web solution