Layanan Pengaduan Online (LAPOR HIS)

Jumat tanggal 16 April 2021 sesuai jadwal yang ditetapkan, telah dilakukan Visitasi Unit Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar Kabupaten Kutai Barat, oleh Tim Visitasi Pernefri Kordinator Wilayah SulSel-Papua-Papua Barat-Sulteng-Kaltim-Ambon di Unit Hemodialisis. Visitasi dilakukan dengan Media Video Confrence  pertemuan antara Tim Visitasi dengan pihak manajemen RSUD Harapan Insan Sendawar di Ruang Rapat Direktur.

Dalam rangka meningkatkan pelayana kepada masyarakat Kutai Barat dan sekitarnya, Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar memiliki Inovasi dengan menambah unit baru yaitu Instalasi Hemodialisis telah dilakukan Visitasi Pernefri Makasar dan di Ketuai olah Prof. Dr.dr.Syakib Bakri, SpPD, K-GH, dalam samabutannya menyampaikan bahawa sangat mendukung dan mengaprsiasi atas Inovasi dan semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal dan ibadah untuk semua masyarakat Kutai Barat.

Kemudiaan dilanjutkan sambutan oleh Direktur RSUD Harapan Insan Sendawar Dalam sambutannya Direktur RSUD Harapan Insan Sendawar  dr.Akbar, M.Si menyampaikan bahwa, sangat mensukuri bahwa telah beroperasinya Insatalasi Hemodialisa di RSUD. Harapan Insan Sendawar, semoga dengn adanya fasilitas ini masyarakat Kutai Barat tidak perlu jauh-jauh kesamarinda untuk cuci darah karena di Kabupaten Kutai Barat sendiri telah memiliki Instalasi Hemodialisa yang cukup memadai.

Selanjutnya presentasi Sejarah Pembentukan Instalasi Hemodialisa oleh dr. Anney Boron, Sp.PD sebagai berikut :

  • Tahun 2012 RSUD Harapan Insan Sendawar membeli 2 unit mesin HD dan mempersiapkan tempat untuk menjadi unit Hemodialisa, tetapi karena adanya keterbatasan SDM, rencana tersebut tidak jadi direlisasikan
  • Tahun 2019 RSUD Harapan Insan Sendawar membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT B Braun Medical Indonesia. Pada saat itu dengan tenaga 1 orang Sp.PD terlatih, 1 orang Dokter Pelaksana bersertifikat, dan 2 orang Perawat Mahir Hemodialisa.
  • Tahun 2019 juga dilakukan persiapan sarana prasarana untuk berdirinya unit hemodialisa
  • Bulan Maret 2019 RSUD Harapan Insan Sendawar mengajukan permohonan ke Pernefri Makassar untuk menjadi pengampu unit Hemodialisa dan mengadakan visitasi awal.
  • Pada awal tahun 2020 dilakukan visitasi awal oleh Supervisor Unit Hemodialisa dari PERNEFRI Makassar, dr. Sitti Rabiul Zatalia Ramadhan, Sp.PD-KGH
  • Pada bulan Desember tahun 2020 Instalasi Hemodialisa siap beroperasi dengan 4 mesin HD reguler ditambah 1 mesin HD reguler untuk pasien dengan Hepatitis B, dengan tenaga tambahan 1 orang perawat mahir hemodialisa.

Sarana Mesin Hemodialisa

  1. Sesuai dengan standar minimal pelayanan Hemodialisa pada Pedoman Pelayanan Hemodialisa tahun 2008, maka di RSUD Harapan Insan Sedawar mempunyai :
  2. 4 mesin Hemodialisa yang diperuntukkan untuk pasien HD regular merek B Braun
  3. 1 mesin Hemodialisa yang diperuntukkan untuk pasien HD regular dengan Hepatitis B merek B Braun
  4. 1 mesin back up.

Dan di masa Pandemi Covid 19, RSUD Harapan Insan Sendawar juga menyediakan 1 unit mesin Hemodialisa yang ditempatkan di bangsal perawatan Pasien Covid 19.

Sarana Gedung dan Penunjang Lain

Untuk Pelayanan di Instalasi Hemodialisa saat ini menggunakan ruangan dengan luas bangunan 150 m2, yang terdiri dari :

  1. Ruang Hemodialisa dengan kapasitas 5 mesin 
  2. Ruang reuse
  3. Ruang administrasi
  4. Ruang Periksa
  5. Ruang Perawat
  6. Gudang (linen, BHP, Consumable)
  7. Ruang Pengolahan Air
  8. Ruang observasi, ruang tunggu, pantry.

Sarana penunjang pelayanan Instalasi Hemodialisa yaitu :

  1. ICU dengan peralatan standar dan tenaga perawat intensif
  2. Ruang Perawatan Pasien
  3. Laboratorium penunjang dengan penanggung jawab dokter Patologi Klinik (Sp.PK)
  4. Layanan Radiologi dengan penanggung jawab dokter radiologi (Sp.Rad)

Demikian pemaparan Sejarah dan saran penunjang instalasi Hemodialisa di  RSUD Harapan Insan Sendawar.



Kembali





Contact Info

Jln Mawar , Desa Sekolaq Joleq, Kec. Sekolaq Darat, Kutai Barat, Kalimantan Timur

hismail@kutaibaratkab.go.id

0811 5415159 - IGD



Flag Counter

Peta

© 2018, Allright reserved. RSUD. HIS |
My web solution